SELAMAT DATANG DI WEB SITE DESA JATIREJO KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Pemdes Jatirejo Lakukan Fogging Untuk Pencegahan Wabah DBD Meluas

30 Januari 2024 12:52:37  Edy Prawito  91 Kali Dibaca  Berita Desa

JATIREJO-NGAWI.DESA.ID - Pemerintah Desa Jatirejo Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi Provinsi Jawa Timur, bekerja sama dengan UPT Puskesmas Kasreman melaksanakan kegiatan fogging untuk mencegah penyebaran penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD). Kegiatan ini dilakukan selama 3 hari, dimulai pada hari Senin, 29 Januari 2024 di 3 Dusun yaitu Dusun Jati, Dusun Gempolowo dan Dusun Kedungmiri secara bergantian.

Kegiatan fogging menyasar kepada rumah-rumah warga masyarakat yang terdampak atau terkena wabah penyakit DBD. Tim fogging yang terdiri dari petugas Puskesmas Kasreman, Perangkat Desa, Bidan Desa, Babinkantibmas, Babinsa dan Ketua RT Desa Jatirejo, melakukan penyemprotan disinfektan di rumah-rumah warga yang menjadi tempat tinggal penderita DBD.

Kepala Desa Jatirejo, Agus Suwoko, S. Sos saat mendampingi langsung kegiatan fogging ini mengatakan bahwa, kegiatan fogging dilakukan untuk mengurangi populasi nyamuk Aedes Aegypti, vektor penyebab penyakit DBD. Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan.

"Kami berharap kegiatan fogging ini dapat membantu mencegah penyebaran penyakit DBD di Desa Jatirejo," pungkas beliau.

Bidan Desa Jatirejo, Nurul Aini Amd.Keb mengatakan bahwa kegiatan fogging ini merupakan salah satu upaya untuk mencegah penularan DBD. Namun, upaya ini harus dibarengi dengan upaya lain, seperti gerakan PSN 3M Plus.

"PSN 3M Plus merupakan upaya yang sangat penting untuk mencegah penyebaran DBD. Masyarakat harus rutin membersihkan lingkungan, menutup rapat-rapat tempat penampungan air, menguras bak mandi, dan mengubur barang bekas," kata Nurul Aini.

Semoga kegiatan fogging ini dapat berjalan dengan lancar dan dapat membantu mencegah penyebaran penyakit DBD di Desa Jatirejo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next