SELAMAT DATANG DI WEB SITE DESA JATIREJO KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Camat Kasreman Dampingi Penyaluran BLT Dana Desa Tahun 2024

28 Maret 2024 13:18:46  Edy Prawito  230 Kali Dibaca  Berita Desa

jatirejo-ngawi.desa.id – Camat Kasreman, Hari Purnomo, S.Sos., M.M., bersama stafnya melakukan pendampingan secara langsung penyaluran Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa periode bulan Januari, Februari, dan Maret 2024. Penyaluran BLT DD dilaksanakan di Pendopo Kecamatan Kasreman pada hari Kamis, 28 Maret 2024.

Jumlah Penerima dan Rincian Dana

Terdapat 8 desa yang hadir dengan menghadirkan Keluarga Penerima Manfaat (KPM) dari desa masing-masing, dengan total 240 KPM. Berikut rincian desa dan jumlah KPM:

  1. Desa Cangaan : 21 KPM
  2. Desa Jatirejo : 31 KPM
  3. Desa Lego Kulon : 57 KPM
  4. Desa Karangmalang : 22 KPM
  5. Desa Kasreman : 25 KPM
  6. Desa Kiyonten : 25 KPM
  7. Desa Gunungsari : 23 KPM
  8. Desa Tawun : 36 KPM 

Setiap KPM menerima bantuan BLT senilai Rp900.000,- untuk 3 bulan, sehingga total dana yang disalurkan pada hari tersebut adalah Rp. 97.200.000,-.

Sambutan Camat Kasreman

Camat Kasreman membuka acara tersebut dan berpesan kepada masyarakat yang menerima BLT untuk menggunakan bantuan tersebut secara bijak. Beliau menekankan bahwa BLT DD bertujuan untuk membantu masyarakat miskin dan rentan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Uang ini bukan untuk dihambur-hamburkan, tapi untuk membeli kebutuhan pokok seperti beras, minyak goreng, lauk pauk, dan kebutuhan pokok lainnya," jelas beliau.

Beliau juga mengingatkan agar masyarakat tidak menggunakan BLT untuk membeli barang-barang yang tidak bermanfaat, seperti rokok, perhiasan, dan kebutuhan sekunder lainnya.

Proses Penyaluran BLT

Penyaluran BLT DD di Pendopo Kecamatan Kasreman berlangsung dengan lancar dan tertib. Petugas dari Bank Jatim melayani KPM dengan cekatan dan ramah. KPM yang datang diharuskan menunjukkan KTP dan KK asli sebagai bukti identitas.

Pendampingan dan Pengawasan

Selain didampingi langsung oleh Camat dan staf, pendampingan penyaluran BLT DD juga dilakukan oleh Perangkat Desa dan Pendamping Lokal Desa. Selain itu juga hadir Babinsa dan Bhabinkamtibmas. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa bantuan tersebut tepat sasaran dan tidak terjadi penyelewengan.

Apresiasi Masyarakat

Masyarakat yang menerima BLT DD mengapresiasi pemerintah atas bantuan tersebut. Mereka mengaku bahwa bantuan ini sangat membantu mereka dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Alhamdulillah, bantuan ini sangat membantu kami. Terima kasih kepada pemerintah," kata salah seorang KPM.

Kesimpulan

Penyaluran BLT DD di Kecamatan Kasreman berjalan dengan lancar dan tertib. Bantuan ini diharapkan dapat membantu masyarakat miskin dan rentan dalam memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next