SELAMAT DATANG DI WEB SITE DESA JATIREJO KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

PSHT Ranting Kasreman Gelar Do'a Bersama Sambut Bulan Suro

19 Juli 2023 11:23:25  Edy Prawito  102 Kali Dibaca  Berita Desa

JATIREJO-NGAWI.DESA.ID - Persaudaraan Setia Hati Terate Ranting Kasreman Cabang Ngawi Pusat Madiun menyelenggarakan malam tirakatan menyambut Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1445 Hijriyah ( Malam 1 Suro), Selasa (18/07/2023).

Malam 1 Suro adalah awal tahun baru Hijriyah yang dianggap sakral oleh anggota Persaudaraan Setia Hati Terate. Pada malam tersebut, banyak orang melakukan berbagai macam ritual sesuai dengan tradisi dan kepercayaan masing-masing.

Hadir dalam kegiatan malam tirakatan ini yaitu Kasi Pemerintahan Kecamatan Kasreman mewakili Camat Kasreman, Kapolsubsektor Kasreman, Danposramil Kasreman, Pengurus PSHT Ranting Kasreman, Pelatih Sub/Rayon, Kadang Sepuh dan Wiro Anom, serta Calon Warga Baru PSHT Ranting Kasreman Cabang Ngawi Pusat Madiun.

Acara yang dimulai pukul 18.00 WIB bertempat di Pendopo Kecamatan Kasreman ini memiliki beberapa rangkaian kegiatan. Diawali dengan ziarah ke makam leluhur PSHT Ranting Kasreman, yaitu almarhum R.M. Puji Widodo. Beliau dulunya merupakan Ketua Ranting Kasreman yang telah wafat pada tanggal 28 Maret 2023 yang lalu. 

Almarhum R.M. Puji Widodo dulunya sangat dihormati dan disegani oleh warga PSHT di Ranting Kasreman khususnya, di Cabang Ngawi pada umumnya. Beliau mempunyai pengaruh yang sangat luar biasa terhadap kemajuan PSHT Ranting Kasreman. Selain menjabat Ketua Ranting Kasreman, semasa hidupnya beliau juga dipercaya menjabat sebagai Ketua Dewan PSHT Cabang Ngawi.

Setelah ziarah makam leluhur, acara dilanjutkan dengan selamatan atau tasyakuran menyambut bulan Suro. Kusrin Riyanto, S.Pd selaku sesepuh PSHT dari Rayon Cangakan, dipercaya untuk memimpin acara selamatan. Selamatan ini merupakan bentuk rasa syukur atas berbagai nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT.

Selanjutnya, dalam acara malam tirakatan tersebut diadakan doa bersama yang dipimpin oleh warga sepuh, Kang Mas Biso dari Rayon Gunungsari. Do'a bersama ini dilakukan selain untuk mendoakan para leluhur Pendiri PSHT yang telah wafat, juga untuk memohon berkah, keselamatan, dan kelancaran kepada Allah SWT menjelang pengesahan Warga Baru tahun 2023.

Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 250 calon warga baru, serta 100 orang warga PSHT yang telah menjadi anggota sebelumnya. Acara ini diharapkan dapat mempererat tali persaudaraan antara anggota PSHT Ranting Kasreman.

Sebagai bekal menjelang pengesahan, calon warga baru juga diberikan materi dasar dan juga materi tambahan serta kerohanian/ke-SHan yang disampaikan langsung oleh Ketua Ranting Kasreman, Abdul Rohman, S.Pd dengan dibantu oleh Pengurus Ranting yaitu Purwanto, Rusmin dan Prastyo Dwi Utomo.

Dengan mendapatkan pengamanan khusus dari Pengaman Terate (PAMTER) Kasreman bekerjasama dengan Posramil dan Polsubsektor, kegiatan malam tirakatan PSHT Ranting Kasreman berjalan dengan lancar dan tertib.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next