SELAMAT DATANG DI WEB SITE DESA JATIREJO KECAMATAN KASREMAN KABUPATEN NGAWI PROVINSI JAWA TIMUR

Artikel

Masyarakat Desa Jatirejo Laksanakan Bersih Dusun Serempak Di 3 Dusun

10 Juli 2023 13:36:00  Edy Prawito  202 Kali Dibaca  Berita Desa

JATIREJO-NGAWI.DESA.ID - Masyarakat Desa Jatirejo selenggarakan bersih dusun atau nyadran secara serempak, Senin (10/07/2023).

Kegiatan "Bersih Dusun" atau "Nyadran" yang diselenggarakan di tiga Dusun (Jati, Gempolowo, dan Kedungmiri) di Desa Jatirejo merupakan tradisi atau adat istiadat turun temurun yang menjadi kearifan lokal di desa tersebut. Kepala Desa Jatirejo, Agus Suwoko, S.Sos, sangat mendukung kegiatan ini.

Berdasarkan petunjuk atau perhitungan dari para sesepuh, hari yang tepat untuk melaksanakan kegiatan ini adalah hari Senin Pahing. Sehari sebelumnya, tepatnya pada hari Minggu Pon, dilaksanakan kerja bakti membersihkan Sendang atau sumber mata air.

Selama kegiatan Bersih Dusun, fokusnya adalah membersihkan dan merawat sumber mata air yang ada di tiga Dusun tersebut. Terdapat enam mata air atau sendang yang menjadi objek utama dalam kegiatan ini. Pembersihan dan perawatan sumber mata air ini dilakukan secara serempak di tiga Dusun.

Kegiatan Bersih Dusun atau Nyadran ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat Desa Jatirejo dalam melestarikan tradisi dan menjaga kebersihan serta keberlanjutan sumber mata air. Dengan dukungan penuh dari Kepala Desa, diharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan menjadi bagian dari identitas dan kearifan lokal Desa Jatirejo.

Di Dusun Jati, saat melaksanakan acara selamatan Bersih Dusun, juga ditampilkan hiburan gambyong. Gambyong adalah salah satu tarian tradisional Jawa yang diiringi oleh musik gamelan. Tarian ini biasanya ditampilkan dalam rangkaian upacara adat atau acara keagamaan sebagai wujud penghormatan kepada para leluhur.

Penampilan gambyong dalam acara selamatan Bersih Dusun di Dusun Jati menambah suasana meriah dan menghidupkan tradisi lokal. Tarian ini melibatkan sejumlah penari yang memakai pakaian adat Jawa dan menggerakkan tubuh serta mengikuti irama musik gamelan. Biasanya, gambyong ditampilkan dengan gerakan yang indah dan anggun, menggambarkan keindahan dan kelembutan budaya Jawa.

Dengan adanya penampilan gambyong dalam acara selamatan Bersih Dusun, diharapkan dapat memperkaya dan melestarikan seni budaya tradisional Jawa serta memberikan hiburan dan kegembiraan bagi masyarakat Desa Jatirejo, khususnya di Dusun Jati.

Kegiatan Bersih Dusun atau Nyadran ini merupakan bentuk kepedulian masyarakat Desa Jatirejo dalam melestarikan tradisi dan menjaga kebersihan serta keberlanjutan sumber mata air. Dengan dukungan penuh dari Kepala Desa, Perangkat Desa, BPD dan Tokoh Masyarakat, diharapkan kegiatan ini dapat terus dilaksanakan dan menjadi bagian dari identitas dan kearifan lokal Desa Jatirejo.

Kirim Komentar


Nama
No. Hp
E-mail
Isi Pesan
  CAPTCHA Image  
 

 Statistik

 Aparatur Desa

Back Next